Bentuk Teks Negosiasi : Surat Penawaran
SURAT PENAWARAN
Teks negosiasi ialah teks yang berisi proses tawar-menawar dengan
jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok
atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) lain. Tujuan negosiasi
ialah mengatasi atau menyesuaikan perbedaan, untuk memperoleh sesuatu dari
pihak lain (yang tidak dapat dipaksakan). Negoisasi dilakukan untuk mencapai kesepakatan
yang dapat diterima kedua belah pihak dalam melakukan transaksi, atau menyelesaikan
sengketa/perselisihan pendapat. Salah satu bentuk teks negosiasi adalah surat penawaran.
Surat penawaran barang dilihat dari tujuannya termasuk surat
niaga. Surat niaga adalah surat yang digunakan dalam kegiatan perdagangan. Struktur surat niaga hampir mirip dengan surat resmi yang
mencakup unsur-unsur berikut ini.
A.
Kop Surat
a.
Nama lembaga/instansi/organisasi. Penulisannya
menggunakan huruf besar/kapital.
b.
Alamat dan kontak telepon serta website/ email
jika ada, penulisannya menggunakan huruf besar dan kecil.
B.
Logo lembaga/instansi/organisasi
C.
Nomor surat
D.
Lampiran
E.
Hal (inti atau prihal surat tersebut), ditulis
seperti judul karangan.
F.
Tanggal surat (posisi di kanan sejajar dengan
nomor surat)
G.
Alamat penerima surat; hindari penggunaan kata
“kepada”.
H. Tubuh surat yang terdiri dari bagian pembuka, isi atau maksud surat, dan penutup. Salam penutup surat, diikuti nama, jabatan, dan tanda tangan penanggung jawab surat.
I. Gunakan kalimat persuasif untuk membujuk secara halus klien yang ingin diajak bekerja sama
H. Tubuh surat yang terdiri dari bagian pembuka, isi atau maksud surat, dan penutup. Salam penutup surat, diikuti nama, jabatan, dan tanda tangan penanggung jawab surat.
I. Gunakan kalimat persuasif untuk membujuk secara halus klien yang ingin diajak bekerja sama
Komentar
Posting Komentar